Senin, 03 Januari 2011

profil sekolah nurhayati


NAMA            : NURHAYATI. N
NIM                : 09405
SEKSI             : BB 15
TUGAS 1 DASAR-DASAR KOMPUTER

SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA
SEKOLAH DASAR NEGERI PERCOBAAN
KOTA PADANG

Sekolah Dasar Negeri Percobaan Padang ini dahulunya bernama SD  LABORATORIUM  IKIP  PADANG  yang  dikelola oleh  IKIP Padang dan berdiri tahun 1973, dan SD Laboratorium ini berjalan sampai tahun 1975 dan berubah nama menjadi PROYEK PERINTIS SEKOLAH PEMBANGUNAN ( PPSP ) dalam binaan IKIP Padang, dan satu-satunya di Sumatera  diantara delapan yang ada di Indonesia, enam berada di Jawa dan satu di Makasar. Proyek Perintis Sekolah Pembangunan ini berjalan dari tahun 1975 sampai dengan 1986/1987 dan pengelolaannya masih tetap dibawah IKIP Padang termasuk Kepala Sekolah dan setengah pengajar juga dari IKIP Padang.
Dengan  SK  Mendikbud  Nomor 027/ V/ 1986  Tentang  Pengelolaan  Sekolah  yang Melaksanakan Perintis Pendidikan dialihkan pengelolaanya kepada Kantor Wilayah Pendidikan Sumatera Barat. Kemudian dengan keluarnya Surat Keputusan Mendikbud Nomor 07/P/1986 tentang Penegerian Sekolah Dasar Proyek Perintis maka PPSP IKIP Padang langsung berubah menjadi Negeri dibawah binaan Kanwil Depdikbud Sumatera Barat. Dalam masa transisi peralihan dari status Swasta ke Negeri, tenaga-tenaga pengajar yang dari IKIP berangsur-angsur dikembalikan ke IKIP (memilih) sekolah lain, dan diselingi pergantian itu dengan guru-guru yang berasal dari Kanwil Depdikbud Sumatera Barat termasuk Kepala Sekolah. Dan saat itu PPSP berubah nama menjadi SEKOLAH DASAR NEGERI KODYA PADANG yang berlokasi tetap di Gedung PPSP di Komplek IKIP PADANG.
Tahun 1988 Keluar lagi SK Mendikbud Nomor 0707/0/1988 tanggal 10 Oktober 1988. Tentang Perubahan Nama Sekolah Dasar Negeri Kodya Padang Menjadi SEKOLAH DASAR PERCOBAAN NEGERI PADANG sampai sekarang. Dan Selanjutnya tahun 1995 sampai dengan tahun 2004 dibangunlah gedung baru yang berlokasi di Jalan Ujung Gurun, sedang sebelumnya murid-murid sebahagian masih belajar pada bekas gedung Sekolah PPSP IKIP Padang dan secara berangsur-angsur pindah ke gedung baru SD Percobaan Negeri Padang.
V I S I :
UNGGUL DALAM PRESTASI, BERAGAM DALAM KOMPETENSI BERBUDI,
BERBUDAYA BERIMAN DAN BERTAQWA.

M I S I :
  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada mutu Global, baik secara keilmuan, kecakapan pribadi maupun secara moral dan sosial.
  2. Memberikan bekal kemampuan dasar yang beragam terutama membaca menulis dan menghitung serta keterampilan yang unggul dan bermanfaat bagi siswa.
  3. Membina Melatih dan Mengembangkan prestasi sesuai dgn bakat minat siswa.
  4. Meningkatkan Kwalitas dan Kinerja Guru secara Nasional dan Internasional.
  5. Mengembangkan dan mengintegrasikan kecerdasan intelektual, emosional serta kecerdasan spiritual dalam semua mata pelajaran.
  6. Pembiasaan keluhuran budi pekerti yang jujur dan senantiasa tercermin dalam pemikiran ucapan dan perbuatan siswa.
  7. Memberikan kemampuan pengetahuan Agama serta pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari.
TUJUAN SEKOLAH :
Menjadikan profil lulusan SD Negeri Percobaan Padang yang memiliki kompetensi sebagai berikut :
  1. Memiliki dasar aqidah yang mantap dan selalu konsisten dalam pengamalannya.  
  2. Memiliki keluhuran budi pekerti yang jujur dan senantiasa tercermin dalam pemikiran, ucapan dan perbuatanya.
  3. Mampu mengamalkan kewajibannya sesuai dgn tugas dan tanggung jawabnya.
  4. Memiliki kemampuan untuk dijadikan sebagai tauladan bagi generasi seusianya.
  5. Memiliki kemampuan “ Baca, Tulis, Hitung” yang tinggi.
  6. Memiliki keterampilan hidup yang bermanfaat bagi dirinya dan lingkungan sekitar, dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.
  7. Memiliki semangat patriotisme serta unggul dalam berprestasi dibidang pengetahuan, olah raga, keterampilan dan kesenian baik nasional maupun Internasional.
  8. Unggul dalam persaingan memasuki SLTP terbaik Tingkat Nasional maupun Internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar